Akurat Mengabarkan - 12 November 2020 12:12

KKP RI Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Aceh Selatan

KKP RI Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Aceh Selatan
  
Penulis
|
Editor
Bagikan:

Tapaktuan, KBBACEH.news – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang tanam ribuan bibit mangrove di muara sungai Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan.

Penanaman ribuan bibit mangrove dipusatkan di kawasan muara sungai Gampong Pasie Kuala Asahan, dan Gampong Pasie Kuala Ba’u, Kecamatan Kluet Utara.

Sebelum dilakukan penanaman oleh masyarakat terlebih dahulu ditanam secara simbolis oleh Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Umum Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Suko Wardono mewakili Dirjen PRL di muara sungai Gampong Pasie Kuala Asahan, Kamis (12/11/2020).

Penanaman secara simbolis juga dilakukan oleh Kepala BPSPL Padang, Ir. Muddatsir, Pasi Intel Yonif Raider Khusus 115/Macan Leuser Letda Inf Hadi Priyono mewakili Danyonif RK 115/Macan Leuser Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto, Kopda A. Yudha Pratama mewakili Danpos AL Aceh Selatan, dan Ketua TDC Mayfendri.

Kabag Keuangan dan Umum PRL Suko Wardono kepada wartawan mengatakan, penanaman bibit mangrove di muara sungai untuk menjaga ekosistem biota sungai sekaligus berfungsi untuk melindungi pantai dari abrasi.

“Manfaatnya sangat banyak, jika mangrove hidup subur dan tumbuh besar nantinya jadi tempat berkembang biaknya ikan, kepiting, kerang dan udang. Juga akan menjadi kawasan ekowisata mangrove,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPSPL Padang Ir. Muddatsir menyebutkan, penanaman 6.600 bibit mangrove dilahan dua hektar dikawasan muara sungai Gampong Pasie Kuala Asahan, dan Gampong Pasie Kuala Ba’u, Kec. Kluet Utara.

“Untuk suksesnya kegiatan ini, kita telah mempersiapkan 7000 bibit mangrove. Nanti akan kita lakukan penyisipan,” sebutnya.

Ia juga menyatakan, tumbuh subur dan berkembangnya mangrove di muara sungai ini tak terlepas peran serta masyarakat dalam menjaga pelestariannya.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada masyarakat di dua gampong yang telah ditanam bibit mangrove, mari kita jaga bersama – sama,” harapnya. (IS/Red).

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!