Akurat Mengabarkan - 7 Juni 2023 13:14

Kodim 0107 Aceh Selatan Gelar Apel Bencana Terintegrasi Tahun 2023

Kodim 0107 Aceh Selatan Gelar Apel Bencana Terintegrasi Tahun 2023
  Akurat Mengabarkan
Penulis
|
Editor
Bagikan:

Tapaktuan, KBBAceh,.news – Kodim 0107 Aceh Selatan menggelar Apel gabungan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam terintegrasi di wilayah Kabupaten Aceh Selatan tahun 2023 yang di laksanakan di Lapangan Naga Tapaktuan, Rabu (07/6/2023).

Apel tersebut langsung di buka oleh Komandan Kodim 0107 Aceh Selatan Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah, SE dan ikuti sebanyak 220 personil terdiri dari TNI – Polri, BPBD, Satgas Sar Aceh Selatan, PMI dan pegawai dinas terkait Pemda Aceh Selatan.

Dandim Aceh Selatan saat membuka latihan menyampaikan, kondisi geografi wilayah Kabupaten Aceh Selatan memiliki potensi bencana alam yang sangat beragam.

Potensi bencana tersebut baik berupa gempa bumi,tsunami,maupun bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran, yang menuntut semua pihak termasuk TNI – Polri untuk selalu siap melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam.

“Oleh karena itu, latihan penanggulangan bencana alam ini dinilai sangat penting guna memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi,” ujar Dandim.

Dandim juga mengatakan, tujuan dari latihan adalah untuk memantapkan kerja sama antara TNI, Polri dan Pemda Aceh Selatan serta komponen bangsa terkait lainnya, sehingga siapa berbuat apa menjadi lebih jelas, mekanisme kegiatan berjalan sesuai SOP/protap yang dihasilkan.

“Sehingga saat terjadi bencana siapa berbuat apa langsung bisa dikerjakan dan permasalahan bencana segera teratasi,” jelas Dandim.

Dalam kesempatan ini juga Dandim meminta penyelenggara latihan melaksanakan seluruh tahapan latihan dengan sungguh-sungguh mulai tahap perencanaan hingga pengakhiran, catat hal-hal yang menonjol sebagai bahan evaluasi dan perhatikan faktor keamanan baik personel maupun materil.

Setelah melaksanakan apel, dalam kegiatan ini juga melakukan simulasi penangan bencana alam kebakaran dan penyelamatan orang yang tenggelam di laut.

“Semua sesi latihan ini kita seumpamakan pada kejadian sebenarnya.untuk itu kita harapkan seluruh personil yang terlibat banar-benar melaksanakan dengan baik dan cekatan, sehingga dalam kejadian sesungguhnya dapat melakukan dengan optimal,”pungkas Dandim.

Acara apel gabungan ini dihadiri Bupati Aceh Selatan dalam hal ini di wakili Asisten I Setdakab Aceh Selatan Kamarsyah, S.Sos, Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K, Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin, para kepala dinas terkait dan undangan lainnya.(My/Red)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!