Akurat Mengabarkan -

Pemkab Aceh Selatan Gelar Sistim Informasi Perencanaan Monitoring dan Evaluasi Terpadu (SIPeMETA)

Pemkab Aceh Selatan Gelar Sistim Informasi Perencanaan Monitoring dan Evaluasi Terpadu (SIPeMETA)
  Akurat Mengabarkan
Bagikan:

Tapaktuan, KBBAceh.news – Pj Bupati Aceh Selatan yang diwakili oleh Asisten III Halimuddin SH.MH membuka acara Sistim Informasi Perencanaan Monitoring dan Evaluasi Terpadu (SIPeMETA) bertempat di Lantai III Gedung Serbaguna, Rabu (27/12/2023).

Adapun kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para Asisten, para OPD, para Camat dan melibatkan Staf Ahli dari Provinsi Emi Riza ST, M.Si.

Asisten I Setdakab Aceh Selatan Halimuddin menyampaikan, SIPeMETA merupakan salah satu strategi yang dilakukan dalam rangka mewujudkan perencanakan yang berkualitas.

Jelasnya, SIPeMETA dibangun sebagai sarana untuk mempernudah proses dari perencanaan menuju monitoring hingga evaluasi.

Menurutnya, monitoring dan evaluasi tidak efektif dan efisien jika masih dilakukan dengan cara manual sehingga SIPeMETA merupakan aplikasi secara digital yang memudahkan untuk melakukan perencanaan monitoring dan evaluasi mengingat masih adanya keterbatasan kualitas sumber daya manusia.


Hal ini tercatum dalam undang-undang nomor 25 tahun 2024 dan peraturan Menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 menyatakan bahwa evaluasi terhadap pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJM) dan Rencana Tahunan Daerah (RKPD) dilakukan untuk memberikan informasi kinerja pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Aceh Selatan Masrijal SE, L.Si memaparkan SIPeMETA, sistim informasi merupakan bagian dari inovasi teknologi yang akan terus berkembang dari masa kemasa .

Sambungnya, sistim ini digunakan untuk membantu merencanakan dan mengevaluasi dalam sistim pemerintahan.

Dikatakan, permasalahan dalam perencanaan dan monitoring yakni,

1. Dokumen yang menjadi pedoman belum sepenuhnya dijadikan acuan dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

2. Standar pengendalian, monitoring dan evaluasi belum efektif dan efisien.

3. Kualitas pengelolaan data dan informasi masih rendah

4. Keterbatasan kapasitas sumber daya manusia

5. Monev belum menjadi kebutuhan dasar untuk perbaikan kinerja.

Kemudian Ketua Panitia Kabid Litbang Cut Dini Hariyuni S.STP, M.PA mengatakan, acara SIPeMETA ini dihadiri oleh 70 peserta yang meliputi Kepala OPD, para Camat dan para Kabag dan pejabat fungsional.(red)

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!