Akurat Mengabarkan - 7 Juni 2023 15:05

Personil Gabungan Satgas Bencana Alam Berhasil Tangani Karhutla di Lapangan Naga Tapaktuan

Personil Gabungan Satgas Bencana Alam Berhasil Tangani Karhutla di Lapangan Naga Tapaktuan
  Akurat Mengabarkan
Penulis
|
Editor
Bagikan:

Tapaktuan KBBAceh,news – Personil gabungan satuan tugas (Satgas) bencana alam yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD, SAR, PMI dan pihak terkait lainnya berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada sisi area Lapangan Naga Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, rabu (07/6/2023).

Hal ini dilakukan dalam simulasi penangan bencana alam pada kegiatan apel gabungan kesiapan penanggulangan bencana alam terintegrasi Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2023.

Dalam simulasi ini,semua pihak bergerak bersama-sama dalam melakukan latihan penanggulanan bencana alam.
dengan kesiapan personel  dari masing-masing unit yang sudah tergelar dan melibatkan beberapa instansi terkait berhasil memadamkan karhutla tersebut.

Pasiops Kodim 0107 Aceh Selatan Kapten Arh Rahman selaku koordinator latihan menyampaikan, latihan penanganan bencana alam ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dari semua pihak dalam membantu masyarakat dan pemerintah setempat serta menjalankan tugas kepada masyarakat,bangsa dan Negara.

“Latihan driil taktis ini langsung dihadapkan seolah-olah dengan situasi keadaan medan yang sebenarnya dan sasaran utamanya yakni penanggulangan karhutla,”kata Kapten Arh Rahman.

Pasi ops menambahkan, selain melaksanakan simulasi panangan kebakaran, juga dilakukan latihan penyelamatan pada orang tenggelam di dalam laut yang dilakukan di area ruang terbuka taman Pala Indah Tapaktuan.

“Kesiapsiagaan bencana sangat penting dalam penanganan bencana, sehingga diharapkan segala bentuk kerugian dapat diminamalisir. Disisi lain juga, kita mengharapkan peran serta masyarakat untuk melakuan upaya mitigasi atau mencegah terjadinya bencana maupun meminimalkan dampak yang ditimbulkan,”tutup Kapten Arh Rahman.(RD/Red)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!