Akurat Mengabarkan -

Pj. Sekda Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

Pj. Sekda Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah
  Akurat Mengabarkan
Bagikan:

Tapaktuan,,Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Aceh Selatan Ilham Sahputra, S.STP, M.Si menghadiri rapat koordinasi (rakor) secara virtual dengan kementerian dalam negeri (kemendagri) Republik Indonesia, di Ruang Vidcon Lt.II Setdakab, Tapaktuan, Senin (11/12/2023).

Turut dihadiri oleh Pj. Sekda Ilham Sahputra, S.STP, M.Si, Plt. Asisten II Setdakab, Kabag Ekonomi, Ka. Bappeda Kabupaten Aceh Selatan dan Kepala SKPK terkait.

Dalam hal ini, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, mengatakan saat ini tren inflasi yang semakin meningkat pada Desember 2023, dalam lima tahun terakhir yakni 2018, selalu terjadi inflasi pada bulan Desember,

Oleh sebab itu inflasi Desember lebih tinggi dibandingkan inflasi November, dan ini perlu kita waspadai kenaikan harga beberapa komoditas menjelang natal dan tahun baru, antara lain tarif angkutan udara, telur ayam ras dan daging ayam ras.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (Sp2kp) Kementerian Perdagangan, fluktuasi atau naik turun secara tajam harga komoditas di kab/kota sampai dengan minggu pertama Desember 2023 adalah cabai merah, cabai rawit dan bawang merah, cabai merah adalah komoditas yang flukstuasi harganya cukup signifikan di minggu ke 1 (satu) bulan Desember 2023.

Sementara itu, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional, Dr. Drs. Nyoto Suwigno, M.M mengatakan tingkat inflasi nasional bulan November 2023 sebesar 2,86% naik dari inflasi bulan Oktober 2023 sebesar 2,56%, komoditas dengan kontribusi tinggi pangan yaitu beras 0,58% dan cabai merah 0,19%.

Bantuan pangan beras efektif menahan laju inflasi pangan, utamanya beras dari 0,7% di bulan maret menjadi 0,02% di bulan mei 2023, dan 5,61% di bulan september menjadi 0,43% di bulan November. Ungkapnya.

Badan pangan nasional (Bapanas) menghimbau kepada masyarakat untuk stop boros pangan dan belanja dengan bijak, ucap Nyoto Suwigno.(red)

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!