Akurat Mengabarkan - 17 Januari 2022 13:59

Tarif Masuk ke Objek Wisata Pulau Dua Diduga Pungutan Liar

Tarif Masuk ke Objek Wisata Pulau Dua Diduga Pungutan Liar
  
Penulis
|
Editor
Bagikan:

Tapaktuan, KBBACEH,news – Tarif masuk ke objek wisata Pulau Dua di Gampong Ujung Pulau Reyeuk, Kecamatan Bakongan Timur, Aceh Selatan, diduga pungutan liar alias pungli.

Karena, berdasarkan informasi, fasilitas yang telah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan di objek wisata Pulau Dua tersebut belum diresmikan. Tetapi, pihak pengelola diduga telah mengutip uang masuk sebesar Rp. 20.000/pengunjung.

Pemerhati Kebijakan Aceh Selatan (PeKA) Teuku Sukandi menyatakan, dugaan pungli di objek wisata Pulau Dua itu telah menjadi perbincangan di kalangan pengunjung.

“Berdasarkan informasi, ada rombongan pengunjung asal Banda Aceh yang datang ke Pulau Dua kemaren (Minggu), mengaku kaget diminta uang masuk Rp. 20.000/pengunjung,” kata Teuku Sukandi kepada wartawan di Tapaktuan, Senin (17/1/2022).

Ia juga menyebutkan, tarif masuk yang dipungut terhadap pengunjung dewasa dan anak – anak sebesar Rp. 20.000 itu terlalu tinggi. Sedangkan tarif masuk ke destinasi wisata Sabang saja hanya Rp. 15.000/pengunjung.

“Keluhan ini bukan saja berasal dari pengunjung asal Banda Aceh, juga ada dari Aceh Selatan terkait adanya tarif masuk Rp. 20.000 di objek wisata Pulau Dua itu,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada Pemkab Aceh Selatan supaya menertibkan pengelolaan objek wisata Pulau Dua, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Kita mengapresiasi Pemkab Aceh Selatan yang telah berupaya memajukan destinasi wisata Pulau Dua, namun pengelolaannya harus dijalankan sesuai aturan,” sebutnya.

Selain itu lanjutnya, dalam pengelolaan objek wisata Pulau Dua setidaknya juga turut melibatkan pewaris pemilik pulau.

“Pemkab Aceh Selatan jangan mengabaikan pewaris pemilik pulau, karena pulau itu ada pemiliknya. Ya, setidaknya mereka juga turut dilibatkan dalam pengelolaannya,” tutupnya. (IS/Red).

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!