Akurat Mengabarkan -

Aktivitas Galian C Pemicu Tidak Beroperasinya IKK di Kluet Utara

Aktivitas Galian C Pemicu Tidak Beroperasinya IKK di Kluet Utara
  
Bagikan:

Tapaktuan, KBBACEH.news – Penyebab tidak beroperasi Instalasi Kota Kecamatan (IKK) milik PDAM Tirta Naga Tapaktuan di Gampong Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan, karena aktivitas galian C di aliran sungai terdekat.

Fakta tersebut berdasarkan temuan Komisi III DPRK Aceh Selatan saat meninjau langsung lokasi IKK PDAM Tirta Naga Tapaktuan di Gampong Kota Fajar, Rabu (30/6/2021).

Kunjungan kerja Komisi III DPRK Aceh Selatan ke IKK tersebut terdiri dari Martunis (Ketua Komisi III ), Helmi Karim (Wakil Ketua Komisi III), beserta anggota yakni Rema Mishul Azwa SE, Hernanda Tahir, Fery Haryanto, dan Yenni Rosnizar SKM.

Saat peninjauan Komisi III DPRK Aceh Selatan ke lokasi, turut didampingi oleh Direktur PDAM Tirta Naga Tapaktuan, Cut Maisarah SE, Kabid Tehnik, Nover Darmansyah, Kasi Perencanaan, Warman Sahputra, dan staf IKK Pasie Raja, Kamijar.

Ketua Komisi III DPRK Aceh Selatan, Martunis kepada wartawan mengatakan, berdasarkan peninjauan ke lokasi ada ditemukan permasalahan terkait tidak beroperasinya IKK itu.

“Seperti terlihat di lokasi penyedotan air telah tertutup oleh sedimen air, bahkan lokasi tersebut telah menjadi daratan dan tanah tumbuh. Sehingga proses penyedotan air ke panel tidak dapat beroperasi,” ujarnya.

Sedimen yang telah menjadi daratan baru tersebut terjadi akibat adanya aktivitas galian C yang telah membuat reklamasi di sepanjang lokasi utama penyedotan bahan baku air untuk IKK Kluet Utara.

“Terlepas dari legal atau tidaknya aktivitas galian C tersebut, namun akibatnya saat ini telah terbentuk daratan sehingga sumber air tidak dapat disedot lagi,” ungkapnya.

Persoalan lainnya, lanjutnya, adanya kendala pada tehnis yang saat ini sudah tidak terawat lagi sehingga ketika IKK Kluet Utara akan beroperasi perlu perbaikan-perbaikan agar pelayanan dapat berlangsung optimal.

“Seperti kami lihat di media online beberapa hari lalu, bangunan dan alat-alat IKK Kluet Utara yang terbengkalai adalah real,ini ada faktor penyebabnya dan sama-sama kita cari solusi,” ucapnya.

Selain itu, dampak berhentinya operasi IKK Kluet Utara telah menyebabkan berhentinya pelayanan listrik PLN pada bangunan dan instrumen panel IKK Kluet Utara.

“PLN telah memutuskan status pelanggan pada IKK sejak beberapa tahun lalu. Sehingga ketika IKK Kluet Utara mau kembali mengaktifkan status pelanggan maka harus membayar tunggakan yang nominalnya lumayan besar dan biaya pemasangan baru,” sebutnya.

Ia menyatakan, atas kondisi tersebut, Komisi III DPRK akan segera melaporkan kepada pimpinan untuk mencari solusi agar IKK Kluet Utara milik PDAM Tirta Naga Tapaktuan itu dapat beroperasi kembali.

“Ini harapan masyarakat, kami akan berusaha maksimal, mengambil langkah untuk melakukan penyesuaian agar hal ini dapat segera ditangani,” pungkasnya. (IS/Red).

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!