Akurat Mengabarkan -

Buka Program Beasiswa Aceh Selatan Cerdas, Sekda Minta Penerima Harus Tepat Sasaran

Buka Program Beasiswa Aceh Selatan Cerdas, Sekda Minta Penerima Harus Tepat Sasaran
  Akurat Mengabarkan
Bagikan:

Tapaktuan,KBBAceh.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan kembali membuka program beasiswa Aceh Selatan cerdas untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, dengan total anggaran sebesar 2,5 Miliar, Pada (27/7/2023).

Adapun Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun anggaran 2023, program ini rutin direalisasikan setiap tahunnya secara berturut-turut dengan menyalurkan anggaran miliaran rupiah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP mengamanahkan kepada Tim Evaluasi dan Monitoring yang telah dibentuk dengan SK Bupati Aceh Selatan untuk dapat menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Kita minta Tim Evaluasi dan Monitoring untuk dapat melakukan verifikasi dan validasi terhadap penerima bantuan dengan sebenar-benarnya sehingga bantuan yang disalurkan tepat dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, adil dan patut disalurkan,” Kata Cut Syazalisma.

Ia menjelaskan untuk Tahun ini, Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar 2,5 miliar Pada APBK 2023 khusus bagi mahasiswa dan mahasiswi Asal Kabupaten Aceh Selatan yang berstatus kurang mampu dan sedang Menyusun tugas akhir seperti Skripsi, Thesis (D3, D4, S1 dan S2) serta mahasiswa dan mahasiswi Asal Kabupaten Aceh Selatan yang berprestasi. Mulai (D3, D4, S1 dan S2).

“Penyaluran bantuan beasiswa ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah, sesuai visi misi pemerintahan Aceh Selatan dibawah kepemimpinan Alm. H. Azwir S.Sos – Tgk. Amran (AZAM), dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing sehingga dapat di andalkan untuk memajukan pembangunan daerah ke depannya,” Jelas Cut Syazalisma.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ilham Saputra S.STP, M.Si, Mengatakan bahwa bantuan Beasiswa tersebut difokuskan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam dan luar daerah yang berstatus kurang mampu yang sedang menyusun TA, Skripsi, Thesis, serta untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik.

“Penerima bantuan beasiswa ini harus benar-benar tepat sasaran, makanya Pemkab mempersilahkan kepada mahasiswa untuk mengajukan permohonan dengan syarat harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan,” Ujar Ilham Saputra.

Ia menambahkan bahwa nantinya seluruh permohonan yang masuk akan dilakukan proses seleksi ketat oleh Tim Panitia yang telah dibentuk oleh Bupati Aceh Selatan.

Bantuan beasiswa ini disalurkan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat, kemudian akan ditransfer langsung ke rekening bank masing-masing calon penerima, Langkah ini dilakukan untuk mencegah dan menghindari terjadinya Pungli (pemotongan) dan manipulasi data penerima sehingga seluruh prosesnya dapat dilalui secara transparan dan akuntabel.

Selain itu, sesuai Amanah pimpinan agar penyalurannya benar-benar tepat sasaran, Bupati menginginkan melalui program beasiswa Aceh Selatan cerdas ini, setiap prestasi yang diraih oleh mahasiswa/i mendapat penghargaan yang pantas.

“Walau nilainya tidak terlalu besar tapi setidaknya dapat memotivasi semangat belajar adik-adik mahasiswa yang khususnya mereka sedang menimba ilmu diperantauan,” Ujarnya.

Setiap penerima beasiswa wajib memenuhi persyaratan umum yakni mahasiswa atau mahasiswi aktif dari kabupaten Aceh Selatan yang sedang mengikuti Pendidikan di dalam maupun luar kabupaten Aceh Selatan (Tidak termasuk ASN yang berstatus tugas belajar meninggalkan jabatan atau Tidak meninggalkan jabatan), termasuk keluarga kurang mampu, sedang Tugas Akhir/Skripsi/Thesis.

Namun tidak berlaku bagi mahasiswa/i yang telah sidang akhir tugas akhir/skripsi/thesis sebelum tanggal 1 Agustus 2023, dan juga tidak termasuk anak PNS,PPPK,TNI dan Polri yang masih bertugas, serta diperuntukan bagi mahasiswa/i tidak pernah menerima bantuan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sebelumnya.

“Bagi mahasiswa/i yang memenuhi syarat, dipersilahkan mengirimkan permohonan kepada sekretariat panitia di Kantor BKPSDM Aceh Selatan Jln. Cut Nyak Dien No.16 Gampong Pasar, Tapaktuan, Kode Pos 23711, atau untuk informasi resmi terkait program beasiswa ini dapat diakses pada website http://bkpsdm.acehselatankab.go.id dan melalui media sosial https://www.facebook.com/bkpsdm.acehselatan,” Pungkas Ilham Saputra.(*)

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!