Akurat Mengabarkan -

Gampong Mata Ie Blangpidie Tuntaskan Penyaluran BLT Tahap III Dana Desa

Gampong Mata Ie Blangpidie Tuntaskan Penyaluran BLT Tahap III Dana Desa
  
Penulis
|
Editor
Bagikan:

Blangpidie, KBBACEH.news – Pemerintah Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya tuntas melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD) tahap III kepada masyarakat keluarga kurang mampu yang terdampak pandemi covid-19, pada hari Selasa (14/07/2020), bertempat di posko siaga relawan covid-19 gampong setempat.

Keuchik Gampong Mata Ie Kecamatan Blangpidie, melalui Sekretaris Gampong Muzakkir kepada KBBAceh.News menyampaikan ada 156 KK masyarakatnya yang berasal dari keluarga kurang mampu menerima bansos tunai atau BLT DD dari dana desa tahun anggaran 2020.

“Ada 156 KK masyarakat dari keluarga kurang mampu ditetapkan sebagai penerima BLT Dana Desa di gampong Mata Ie, dan alhamdulillah tadi siang sudah kita salurkan tahap III periode bulan Juni” ungkap Muzakkir

Muzakir menambahkan 156 kepala keluarga yang memperoleh bantuan BLT DD dari pemerintah gampong Mata Ie tersebut sebelumnya sudah ditetapkan melalui musyawarah gampong khusus atau musdes insidentil yang dilakukan beberapa bulan yang lalu.

Namun, katanya akibat terlalu banyaknya jumlah keluarga kurang mampu di gampong Mata Ie pada saat dilakukan pendataan, verifikasi dan penetapan keluarga yang menerima BLT DD, ada sisa 171 KK yang tidak mampu dikafer oleh dana desa dalam bentuk BLT. Hal itu disebabkan karena terkendala dengan surat edaran dan peraturan menteri desa, PDTT bahwa maksimal dana desa yang boleh dialokasikan untuk BLT hanya 30% dari pagu alokasi dana desa tahun 2020.

Menyikapi persoalan tersebut, pihak pemerintah gampong mengambil inisiatif dan langkah cepat mengajukan permohonan kepada Bupati Abdya agar bisa diusulkan untuk mendapatkan bansos tunai berupa BLT yang bersumber dari APBK.

“kita sudah usulkan 171 KK yang tidak mampu dikafer oleh dana desa ke pihak Pemkab Abdya, dan saat proses pengusulan tidak ada kendala di kabupaten,” imbuhnya

Ketika ditanya kapan realisasi pencairan BLT yang bersumber dari APBK kepada 171 KK tersebut, pihaknya mengaku sampai saat ini belum ada informasi yang akurat dari pihak kabupaten kapan pencairannya.

“kendalanya belum ada informasi yg akurat tentang bantuan tersebut kapan pencairannya dan dimana sudah sampai mana sekarang proses datanya,” pungkas Muzakir

Selain menerima bansos berupa BLT dana desa, Muzakir menjelaskan masyarakatnya juga menerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah diantaranya 65 KK mendapat PKH, 35 KK BPNT, 6 KK menerima bantuan KKS, dan 98 KK lainnya menerima bansos BST dari kemensos.

Kegiatan penyaluran BLT Dana Desa tahap III tersebut dihadiri oleh perwakilan dari pihak kecamatan Nuratiyah, S.Ag Kasie PMG, Keuchik, perangkat gampong, tuha peut, tuha lapan, pendamping desa kecamatan dan pendamping lokal desa. (Sal)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!