Akurat Mengabarkan -

Masyarakat Gampong Gudang Bergotong Royong Bangun Masjid Nurul Fata

Masyarakat Gampong Gudang Bergotong Royong Bangun Masjid Nurul Fata
  
Penulis
|
Editor
Bagikan:

Blangpidie, KBBACEH.news – Masyarakat Gampong Gudang, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), bergotong royong membangun Masjid Nurul Fata, Senin (27/07/2020).

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Nurul Fata, Aswadi kepada KBBACEH.news mengatakan, gotong royong ini dilaksanakan oleh masyarakat dari tiga dusun di Gampong Gudang.

“Bangunan masjid yang sedang dibangun ini berukuran 15 x 20 meter, berdiri di atas tanah seluas 1.581 m2,” ujarnya.

Ia menyebutkan, kegiatan gotong royong hari ini berupa pengecoran tiang balok secara manual di bagian atas masjid.

“Gotong royong dilakukan mulai dari mencampurkan bahan pasir, semen, batu, air, hingga mengaduk dengan molen, mengangkat dan menyiramkannya ke tempat yang sudah disiapkan” sebutnya.

Ia juga menjelaskan, bangunan masjid tersebut telah mulai dibangun sejak tahun 2012 lalu dari bantuan anggaran dana Pemerintah Provinsi Aceh sebesar Rp. 50 juta.

Pada saat itu, dengan dana tersebut, pihaknya merasa bersyukur bisa menyelesaikan bangunan pondasi saja. Namun, setelah mendapat bantuan dari provinsi, mulai sejak tahun 2013, tidak ada lagi bantuan dari pemerintah.

“Sehingga untuk melanjutkan pembangunan Masjid Nurul Fata, terpaksa melalui penggalangan dana dari masyarakat secara swadaya dan bantuan dari pihak donatur lainnya,” ucapnya.

Secara terpisah, Keuchik Gampong Gudang Azharmi menyatakan, selama ini pihak gampong telah memfasilitasi musyawarah gampong untuk mencari solusi dalam mengumpulkan dana untuk melanjutkan pembangunan Masjid Nurul Fata.

“Hasil musyawarah gampong, setiap warga setelah panen padi wajib menginfakkan uang sejumlah Rp. 100.000/rumah untuk kas pembangunan masjid,” tuturnya

Tak hanya itu, lanjutnya, setiap hari Jum’at pihak panitia melakukan pengutipan sumbangan dalam bentuk beras seikhlasnya kepada setiap rumah warga, dan setelah terkumpul bantuan beras tersebut diuangkan sebagai sumber kas pembangunan masjid.

“Oleh sebab itu kita mengharapkan agar ada perhatian dari Pemkab Abdya untuk membantu kelanjutan pembangunan Masjid Nurul Fata,” harapnya. (Sal).

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!