Akurat Mengabarkan -

Penumpang KMP Labuhan Haji Terkatung – Katung, Keluhkan Mahalnya Harga Makanan

Penumpang KMP Labuhan Haji Terkatung – Katung, Keluhkan Mahalnya Harga Makanan
  
Bagikan:

Tapaktuan, KBBACEH.news – Ratusan penumpang KMP Labuhanhaji yang ingin menuju ke Simeulue, terkatung – katung di kompek Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan.

Terkatung – katungnya para penumpang tersebut dipicu ombak besar yang menyebabkan KMP Labuhanhaji menunda berlayar, sejak Rabu hingga Kamis (9-10/9/2020).

“Kapal sempat berlayar namun ketika sampai ditengah laut, kapal memutar arah kembali ke pelabuhan Labuhanhaji, karena ombak besar,” ungkap sejumlah penumpang kepada wartawan, Kamis (10/9/2020).

Sehingga, lanjutnya, para penumpang telah dua hari terkatung – katung dan memilih bermalam di KMP Labuhanhaji, dalam kondisi persedian keuangan semakin menipis.

“Kami khawatir jika kapal juga tidak berangkat, persedian keuangan kami sudah menipis apalagi harga makanan di warung – warung sini sangat mahal Rp. 18.000/porsi,” keluhnya.

Camat Labuhanhaji, Gusmawi Mustafa SE ketika diminta tanggapannya mengaku tidak mengetahui hal itu dan meminta agar wartawan mengkonfirmasi langsung ke pihak UPTD Pelabuhan Labuhanhaji.

“Lebih jelasnya silahkan ditanyakan langsung ke pihak UPTD Pelabuhan Labuhanhaji,” ucapnya.

Begitu juga Kepala Dinas Perhubungan kAceh Selatan, Filda Yulisbar S.STP ketika dikonfirmasi menyatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima informasi tersebut dari UPTD Pelabuhan Labuhanhaji.

“Sampai saat ini kepala UPTD Pelabuhan Labuhanhaji tidak melaporkan apa-apa sama saya,” ucapnya.

Namun Supervisi ASDP Labuhanhaji, Nurman menjelaskan, jika cuaca membaik pada Jumat (11/9/2020) pagi KMP Labuhan Haji dijadwalkan berangkat.

“Jika cuaca membaik ,subuh besok (Jumat 11/9/2020) KMP Labuhanhaji dijadwalkan berlayar,” jelasnya.

Terkait terkatung-katungnya para penumpang yang terancam terlantar di Pelabuhan Labuhanhaji tujuan Simeulue itu, ia menyatakan untuk penanganan tersebut merupakan kewenangan Pemkab Aceh Selatan.

“Biasanya penanganan tersebut dilakukan oleh pemkab melalui pihak pelabuhan, BNPB (BPBD) dengan koordinasi dari pihak ASDP, namun lebih jelasnya silahkan di tanyakan langsung ke Manajer ASDP kami,” sarannya.

Sedangkan, Manajer ASDP, Syahrul saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya mengatakan, penundaan pelayaran KMP Labuhanhaji dilakukan karena faktor cuaca buruk beberapa hari lalu.

“Perintah pembatalan berlayar itu telah dikeluarkan oleh Syahbandar, jadi ini faktor alam bukan kendala teknis,” pungkasnya. (IS/Red).

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!