Akurat Mengabarkan -

Pj. Bupati Aceh Selatan Membuka Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025

Pj. Bupati Aceh Selatan Membuka Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025
PJ. Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP  Akurat Mengabarkan
Bagikan:

Tapaktuan, KBBAceh.news – Pelaksanaan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pmbangunan atau biasa kita sebut dengan Musrenbang, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025 dibuka oleh Pj. Bupati Aceh Selatan Cut Syalisma, S.STP pada jam 10.00 wib di Rumoh Agam pada Senin, 01/04/2024.

Acara Musrenbang ini di hadiri oleh Unsur Fotkopimda yaitu Pejabat Fungsional Perencana Ahli Madya Bapeda Aceh Dr. Sufirmansyah, SE, Msi, Para Asinsten Sekdakab Aceh Selatan, Para Kepala Dinas, Para Camat, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam pidatonya Pj Bupati mengatakan, “Tahun 2025 merupakan tahun kedua dari dokumen rencana pembangunan daerah atau “RPD” tahun 2024 – 2026, sebagaimana instruksi menteri dalam negeri nomor 52 tahun 2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan dan pembangunan daerah, bagi daerah yang masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023 serta daerah otonom baru”.

“Pelaksanaan kegiatan Musrenbang ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan, saran, dan kesepakatan dari berbagai pemangku kepentingan, guna mempertajam serta menciptakan sinergitas target kinerja sasaran, program dan kegiatan, serta lokasi dan kelompok sasaran, dalam rancangan akhir renja OPD dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di Kecamatan. Melalui Musrenbang ini pula, diselaraskan program dan kegiatan antar OPD, agar pencapaian sasaran dapat lebih optimal sesuai dengan kewenangan masing-masing”. ungkap Pj Bupati.

Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2023, meningkat mencapai empat koma dua puluh persen (4,20%), dibandingkan tahun 2022, yakni sebesar tiga koma sebelas persen (3,11%). Diharapkan angka ini dapat terus melaju hingga empat koma tiga puluh dua persen (4,32%) pada tahun 2025 yang akan datang. Selain itu, persentase penduduk miskin Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2023 berada pada angka dua belas koma sepuluh persen (12,10%). Menurun dari persentase pada tahun 2022, yakni dua belas koma empat puluh tiga persen (12,43%), dan ditargetkan dapat terus ditekan hingga sebelas koma tujuh puluh persen (11,70%) pada tahun 2025.

 

Selanjutnya indeks pembangunan manusia (ipm) juga menunjukkan tren positif. Pada tahun 2022, berada pada angka enam puluh tujuh koma delapan puluh tujuh persen (67,87%), Dengan upaya kita bersama, terjadi peningkatan hingga mencapai tujuh puluh satu koma empat belas persen (71,14%) pada tahun 2023, Dengan upaya kita bersama pula, indeks pembangunan manusia kabupaten aceh selatan akan terus meningkat, diharapkan mencapai tujuh puluh satu koma tiga puluh satu persen (71,31%) pada tahun 2025.

 

“Kami mengapresiasi berbagai terobosan dan upaya yang dilakukan oleh Camat maupun Keuchik, yang telah memberikan dukungan terhadap upaya pengendalian inflasi daerah, salah satunya yang digagas oleh Kecamatan Pasie Rraja, melalui inisiatif subsidi pangan dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, sebagai bagian dari upaya mewujudkan ketahanan pangan masyarakat”. tutup Pj Bupati Cut Syazalisma, S.STP. (red)

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!