Akurat Mengabarkan -

Polres Aceh Selatan gelar Restorative Justice Kasus Pencurian

Polres Aceh Selatan gelar Restorative Justice Kasus Pencurian
  Akurat Mengabarkan
Bagikan:

Tapaktuan.KBBAceh.news – Polres Aceh Selatan menggelar penyelesaian kasus tindak pidana pencurian melalui Restorative Justice (RJ) di Ruang restorative justice Satreskrim Polres Aceh Selatan, Pada Kamis (3/72023).

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Nova Suryandaru SIK., melalui Kasat Reserse Kriminal (Reskrim) Iptu Deno Wahyudi SE.,M.Si., mengatakan Penyelesaian perkara di luar pengadilan (penyelesaian proses penyidikan) terhadap perkara KM (45) warga Kecamatan LABUHAN Haji.

“KM melakukan telah melakukan pencurian cincin emas milik korban Yuli Fitriani (27) di Desa Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan,” Kata Iptu Deno Wahyudi.

Iptu Deno Wahyudi menjelaskan bahwa Kasus ini dihentikan setelah ada kesepakatan damai di antara kedua belah pihak. Penghentian perkara berdasarkan Surat Pencabutan Pengaduan oleh korban Yuli Fitriani.

Kasat Reskrim menambahkan bahwa peristiwa pencurian itu terjadi pada (31/72023) yang lalu sekira pukul 09.00 WIB di tempat usaha Loundry milik korban dan Pelaku merupakan karyawannya. Pengakuan pelaku nekat melakukan pencurian karena faktor kebutuhan ekonomi.

Terduga pelaku dilaporkan dan ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan melanggar pasal 362 KUHP tentang Pencurian.

Kasat Reskrim berharap dengan penerapan sistem restorative justice tersebut, pelaku tidak lagi mengulangi perbuatannya.

Penghentian penyidikan berdasarkan keadilan restoratif ini merupakan pembaruan sistem peradilan pidana sebagaimana perintah pimpinan dan bentuk komitmen kami dalam menangani suatu perkara yakni dengan mengedepankan hati nurani serta menekankan pemulihan kembali.

“Pada keadaan semula atas kepentingan korban dan pelaku tindak pidana yang tidak berorientasi pada pembalasan, Ini juga mengacu berdasarkan keadilan yang diatur oleh Peraturan Kapolri atau Perkap Nomor 8 tahun 2021, Hal ini untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat,” Pungkas Iptu Deno Wahyudi.

Penyelesaian kasus tersebut dihadiri oleh kedua belah pihak, baik korban maupun pelaku, serta disaksikan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Tapaktuan, Keuchik Gampong Gunung kerambil Kecamatan Tapatuan, Kabupaten Aceh Selatan.(My)

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!