Akurat Mengabarkan -

Santri TPA Al-Munawwarah Ziarah Ke Makam Sultan Malikussaleh

Santri TPA Al-Munawwarah Ziarah Ke Makam Sultan Malikussaleh
  
Bagikan:

Lhokseukon, KBBACEH.news – Para santri dan dewan guru TPA Al-Munawwarah Gampong Meunasah Drang berziarah ke makam Sultan Malikussaleh yang terletak di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Senin (03/08/2020).

Acara ziarah ini diikuti sekitar 20 orang santri termasuk dewan guru TPA Al-Munawwarah membacakan yasin dan doa yang dipimpin oleh Tgk. Heri Munanda, AMK, di makam pendiri Kerajaan Samudera Pasai tersebut.

Usai doa bersama selajutkan dari pengurus/pemandu makam Tgk. Ahmad menyampaikan biografi singkat mengenai Sultan Malikussaleh, “Malikussaleh merupakan sultan pertama dari kerajaan Islam pertama di Nusantara, yaitu Kerajaan Samudera Pasai. Ia memerintah mulai tahun 1267. Sultan Malikussaleh satu-satunya raja yang bisa membaca Al-quran pada abad 13 dahulu,” kata Tgk Ahmad

Tgk. Darul Faizin, Sebagai pengajar santri TPA Al-Munawwarah, kepada Beritamerdekaonline, mengatakan, Ziarah ini dilaksanakan untuk memperkenalkan situs-situs bersejarah di Aceh, “Wisata religi ini kami laksanakan untuk memperkenalkan kepada anak-anak peninggalan bersejarah di Aceh,”

Setiap situs pasti memiliki sejarah tersendiri dibaliknya, pelajaran yang dapat kita ambil, serta figur yang dijadikan teladan bagi anak-anak,” demikian pungkas Tgk. Darul Faizin.

Pada hari raya Idul Adha 1441 H ini, Makam Malikussaleh semakin ramai dikunjungi warga baik lokal, nasional bahkan dunia. Rata-rata, para pengunjung selain ahli sejarah juga warga yang umumnya melepaskan nazar, peusijuk, dan berwisata bersama keluarga.

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!