Akurat Mengabarkan -

Untuk Menurunkan Angka Stunting, Kapus Gugur Pardomuan Agara Turun Langsung ke Desa

Untuk Menurunkan Angka Stunting, Kapus Gugur Pardomuan Agara Turun Langsung ke Desa
  Akurat Mengabarkan
Bagikan:

Kutacane, KBBACEH.news- Salah satu upaya untuk penurunan angka stunting di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Kepala Puskesmas (Kapus) Gugur Pardomuan Yenni Tutiana SKM di dampingi tenaga Bidan Desa (Bides), petugas gizi dan Bidan koordinator Puskesmas, terjun langsung mengantar makanan untuk balita gizi kurang dan ibu hamil.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada balita yang bermasalah dengan gizi, balita gikur (gizi kurang) dan ibu hamil KEK ( kekurangan energi kronis ) dilaksanakan di desa wilayah Puskesmas Gugur Pardomuan.

“Kegiatan PMT dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik, Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) kepada balita Gikur, Gibur, dan Bumil ini merupakan tugas kami selaku steakholder untuk kesehatan masyarakat,” kata Yenni Tutiana kepada KBBACEH.news di Kutacane, Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, kegiatan PMT yang ditujukan untuk anak-anak yang ada di 10 desa d wilayah kerja Puskesmas Gugur Pardomuan supaya sehat dan tinggi berat badannya yang ideal dan seimbang. Sehingga dapat terhindar dari Stunting, sekaligus guna untuk meningkatkan cakupan gizi balita.

“Ini akan dilakukan selama 3 bulan ke depan dan telah terdata sebanyak 27 orang balita dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Babul Makmur,” ungkapnya.

Ia menjelaskan untuk pemberian makanan tambahan ibu hamil KEK dan balita gizi kurang diberikan untuk masa 90 hari, sedangkan untuk bukan ibu hamil Kekurangan Energi Kronis dan balita bukan kurang gizi diberikan untuk masa konsumsi 30 hari.

“Sebab setiap orang tua pasti selalu mendambakan kondisi anak-anaknya yang sehat dan cerdas.guna mewujudkan hal tersebut hendaknya orang tua menyadari bahwa kebutuhan gizi anak perlu dpenuhi sejak janin tumbuh dan berkembang d dalam kandungan,” paparnya.

Ia menyatakan, kegiatan PMT ini berjalan 90 hari atau 3 bulan. Salah satu upaya penanggulangan masalah gizi yang akan digalakkan Nakes Puskesmas Gugur Padomuan Kecamatan Babul Makmur kali ini dengan pemberian makanan tambahan pada Balita yang bermasalah dengan gizi.

Kegiatan PMT perdana tersebut dilakukan dengan cara mendatangi rumah ke rumah atau dor too dor, dengan sasaran pertama pada balita yang ada di Desa Muara Setulen, Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara.

Ia berharap selaku kepala Puskesmas hendaknya semua Balita desa di wilayah Kecamatan Babul Makmur dapat meningkat gizi balita dari yang gizi buruk bisa meningkat ke gizi seimbang. Dalam upaya penanganan masalah gizi balita, peran serta orang tua juga sangat diperlukan kerja sama dan dukungannya.

“Kita harapkan para orang tua balita untuk ikut serta dan berperan aktif untuk melihat tumbuh kembang anak selama masa pertumbuhan dan perkembangan anak,” pesan Yenni.

Dari kegiatan tersebut, petugas kesehatan memberikan pemberian makanan tambahan serta konseling kepada ibu balita gizi buruk agar dapat memberikan gizi seimbang dan pola hidup sehat,” tutupnya. (Hidayat/Red).

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/kbbaceh.news/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 102

Tinggalkan Komentar

error: Jangan Suka Copy Punya Orang, Jadilah Manusia Yang Kreatif!!